Jumat, 29 Desember 2017

IBUKU WANITA TERHEBAT

IBUKU adalah ciptaan Allah SWT yang sangat luar biasa, karena ibuku mempunyai hati yang tulus, serta kasih dan sayang yang tiada tara untukku dan kelima saudaraku.
Ibuku wanita yang sangat tangguh karna semenjak ayah telah tiada, ibuku berperan sebagai ibu sekaligus ayah untukku dan saudara-saudaraku. Dimana aku berfikir bahwa itu adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Ia bekerja tanpa mengenal waktu.
Apapun yang dapat ia kerjakan ia akan lakukan itu yang penting halal hanya untuk memastikan aku dan saudaraku-saudaraku mempunyai kehidupan masa depan yang baik serta berkah,yang setara dengan anak-anak pada umumnya.
Ibuku tidak pernah menunjukan kepadaku dan saudara-saudaraku wajah letihnya, malah sebaliknya ia menunjukan senyum terbaik yang sangat indah menghiasi wajah ranumnya. Pernah, bahkan sering sekali aku melihat ibu ketika selesai memasak untuk makan siang, kerap kali ia tak langsung makan, bahkan aku rasa ia tidak makan satu suap pun.
Tapi, sebagai anak yang ia besarkan dengan tulus aku tahu ibuku sebenarnya lapar tapi, demi aku dan saudara-saudarku ia rela menahan lapar agar kami anak-anaknya merasa kenyang dan merasa cukup.
Ibuku mendidik anak-anaknya dengan sangat baik(bukan keras), ketika ia marah, terkadang aku menentangnya, dan setelah itu aku sadar bahwa yang aku lakukan itu salah. Dan lebih luar biasanya lagi ibu memaafkan kesalahanku dengan tulus, apalagi ketika kami adik-beradik bertengkar dengan masalah besar maupun kecil ibu akan tetap memafkan kenakalan kami.

Ibuku tidak ingin kami salah asuh, karna tidak sedikit masyarakat dimana tempat kami  tinggal dan bernaung bahwa, seorang istri yang ditinggal mati oleh suaminya dipandang hanya sebelah mata. Maka dari itu ibuku berusaha menujukan kepada dunia bahwa ibu bisa mengidupiku dan saudara-saudaraku sampai hidup anak-anak kesayangnya terjamin dan sukses dari hasil keringat ia sendiri. Karena kebahagiaan kami adalah kebahagiannya, kesedihan kami juga kesedihannya. (tulisan Ratna Aprillia, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar