Selasa, 02 Agustus 2016

Adinda Fahira Dyen Matondang, Wakili SMUN-1 Medan Pada Forum Pelajar Indonesia

Adinda Fahira Dyen Matondang siswi kelas XII 
IPA-3 yang menggagas inovasi baru Tas Blacu 
pengganti plastik
Agenda tahunan Forum Pelajar se-Indonesia, akan digelar 9-14 Agustus 2016 di Jakarta. Agenda ini diikuti perwakilan seluruh sekolah setingkat SMU ini, bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan membangun cafacity building para pelajar Indonesia. Forum Pelajar Indonesia ini dilaksanakan setiap tahun dan ini adalah tahun ke delapan.
SMU Negeri -1 Medan sebagai salah satu sekolah favorit di Kota Medan, untuk tahun 2016 diwakili Adinda Fahira Dyen Matondang. Siswi kelas XII Jurusan IPA-3 ini, terpilih setelah melewati seleksi secara ketat.
 “Ada beberapa tahapan seleksi untuk terpilih sebagai peserta pada Forum Pelajar Indonesia ini, yakni membuat isei dengan thema “Karya Anak Bangsa Untuk Negeri”. Buah karya isei tersebut dibuatkan dalam bentuk vidio untuk menjelaskan inovasi baru tersebut, yang berjudul “Mengajarkan Inovasi Baru Pengganti kantong plastik,”katanya kepada wartawan, Selasa (2/8) di Medan.
Dijelaskan Adinda, bahwa gagasan yang ditawarkan adalah inovasi baru pengganti kantong plastik dengan memanfaatkan kain bekas yang didesain menjadi tas blacu. “Saya menawarkan inovasi baru memanfaatkan kain bekas menjadi tas yang diberi nama tas blacu. Tas blacu ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kantong plastik,”terangnya.
Gagasan ini saya sampaikan juga dalam rangka membantu pemerintah dalam mengurangi penggunaan kantong plastik, sebagai bagian dari menjaga lingkungan hidup. Menurut saya ini sederhana, tapi sangat bermanfaat dan ini sesuai dengan program pemerintah.
Selain gagasan itu, Adinda juga mengumpulkan koin pelajar. Koin pelajar ini adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan para peserta Forum Pelajar Indonesia. Hasilnya nanti akan dikumpulkan dari seluruh Indonesia, kemudian akan didonasikan untuk peningkatakan dunia pendidikan. “Saya berhasil mengumpulkan koin pelajar sebesar Rp2.884.000,”ucapnya.
Putri dari Ir. H. Andi Jaya Matondang, MMA ini, juga menyampaikan agenda kegiatan pada Forum Pelajar Indonesia. Di antaranya, mid ministery, midle leadershif  dan culture performance, serta focus discution.
Ketika ditanya apa harapan Adinda dengan mengikuti Forum Pelajar Indonesia ini. Secara gamblang Adinda menyampaikan harapannya, yakni bisa menjadi agen perubahan (The Change of Agent). Agen perubahan itu kan, kata Adinda bagaimana kita menjadi individu yang bertugas mempengaruhi target/sasaran perubahan agar mereka mengambil keputusan sesuai dengan arah yang dikehendakinya. Agen perubahan menghubungkan antara sumber perubahan (Inovasi, Kebijakan Publik dll) dengan sistem masyarakat yang menjadi target perubahan.
“Harapan ini jugalah salah satu yang menginspirasi saya untuk menawarkan gagasan tas blacu tersebut,”terangnya.
Lebih lanjut Adinda menyampaikan, saat inikan masih banyak kawan-kawan seusia Adinda yang tidak bersekolah dengan berbagai alasan. Tentu kita sebagai anak bangsa, harus secara bersama-sama bergerak membangun kekuatan untuk membantu mengatasi persoalan tersebut. Apalagi kami sebagai generasi muda, itu harus lebih kreatif, inspiratif dan proaktif. Karena memang, kedepan generasi kamilah yang akan memimpin bangsa ini.
Ketika ditanya dukung dari sekolah, Adinda menyebutkan seluruh jajaran SMUN-1 Medan sangat mendukung. Forum inikan juga membawa nama sekolah, dan saya adalah siswi SMUN-1 Medan. “Ya, pihak sekolah sangat mendukung dan mensuport saya untuk mengikuti kegiatan ini,”ungkapnya, sembari mengatakan orangtuanya sangat mendukungnya.
“Selama kegiatan bersifat positif dan demi peningkatan kualitas, orangtua saya sangat mendukung,”ucap Adinda. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar