Rabu, 03 Januari 2018

IBUKU ‘POHON BERINGINKU’

MENURUTKU sifat ibuku sama dengan fungsi pohon beringin. Seperti fungsi pohon beringin yaitu tempat berteduh dan melindungi kita dari panas dan hujan.Begitulah sifat ibuku. Ibu merupakan tempat ku berteduh dan berlindung, Ibu sebagai tempat berlindung bagi ku dari berbagai macam bentuk bahaya.

Waktu ku kecil, kalau bermain dengan teman-temanku selalu didampingi oleh Ibuku. Ibu selalu ada di sampingku waktu bermain dengan teman-teman. Kadang aku merasa malu dan minder dengan temanku karna ibu selalu mengikuti ku kemana pun aku brmain dengan teman. Tapi sekarang aku sadar, ibu selalu mengikuti aku kemana pun pergi bermain karena ia takut terjadi sesuatu yang buruk.
Terkadang aku pergi diam-diam dari rumah tanpa sepengetahuan ibu, ibu pun akan risau hatinya sebab anak nya pergi entah kemana dan tidak berpamitan dan karna asiknya bermain aku baru pulang menjelang magrib sampai di rumah ibu langsung memarahiku dan memukulku dengan sebilah rotan yang telah disiapkannya.
Dulu aku berfikir ibu memarahiku seperti itu samapai memukulku dengan rotan karna ibu tak sayang padaku. Tapi sekarang aku mengerti ibu dulu seperti itu karna dia sayang dan selalu ingin di dekat ku agar bisa selalu melindungi ku setiap saat.
Dan seperti sifat pohon beringin selanjutnya yaitu kuat, sama seperti ibuku. Ibuku adalah orang yang kuat dalam hal apapun baik kuat fisik maupun kuat batinnya.
Contoh kuatnya fisik ibuku seperti di saat ayahku sedang sakit, ibulah yang mengambil alih semua pekerjaan yaitu mengurus rumah tangga seperti mencuci menyapu mengepel memasak serta pekerjaan rumah tangga lainnya dan mencari nafkah.  Lelah kah ibuku melakukan semua hal tersebut? tentunya ibu lelah, akan tetapi demi ketiga anak kesayangannya, ia kuatkan dirinya membanting tulang untuk mencari nafkah.
Kuat batin ibuku seperti contoh kecil, ia rela melepaskan anak nya untuk menempuh pendidikan jauh-jauh dari nya walaupun hati nya sedih, dia kuatkan hatinya untuk melepaskan.
Ibu tidak pernah menginginkan imbalan apapun dari anaknya, yang ia harapkan hanyalah agar anaknya menjadi pandai dan berguna bagi orang lain. (Fuzi Ramadhan, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumut)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar