Selasa, 02 Januari 2018

IBUKU HEBAT

IBUKU memang hebat. Ialah yang mengandung, melahirkan dan menyusui. Mengandung anaknya selama berbulan bulan lamanya, tetapi ia tidak pernah mengeluh agar hadirnya aku di dalam hidupnya.
Dalam hal melahirkan, banyak ibu-ibu sekarang yang melahirkan anaknya secara operasi. Tetapi, ibu melahirkanku dengan cara yang alami, bersimbah darah, menantang maut dan merasakan sakitnya melahirkanku.
Ia bekerja keras untuk membahagiakan anaknya tanpa mengeluh sedikitpun agar anak-anaknya kelak akan menjadi orang berpendidikan yang tinggi dan sukses bagi keluarga, bangsa dan negara. Pergi kerja seperti anak anak sekolah yang berangkatnya pagi dan pulang kerjanya hingga mau terbenam  matahari sampai di rumah.
Itupun ia tak pernah mengeluh sekalipun kepada anak-anaknya. Ia sudah bangun ketika aku masih tidur, untuk memasak sarapan pagi untuk ayahku, abangku dan adik-adikku.
Di kala aku sedih, ia selalu siap mendengarkan cerita ku. Dan selalu memberikan nasihat yang sangat baik untuk aku lakukan. Ketika aku sedang mempunyai masalah, ia selalu bilang kepadaku. Jangan menghindar ketika kita sedang dalam masalah. Masalah harus dihadapi, ketika masalah itu tidak dihadapi maka masalah itu akan bertambah besar.
Jikalau memang kita tidak salah, kita tidak usah takut akan masalah yang terjadi. (Muhammad Fahmi, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sumut)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar