Rabu, 28 Desember 2016

TIKAR BERBAHAYA BAGI KESEHATAN

Saat duduk di lantai, pasti kita membutuhkan alas baik itu tikar aau karpet yang membuat kita lepas dari dinginnya lantai. Ada berbagai alas lantai yang bisa kita beli di pasaran, namun Anda perlu siaga.
Terutama saat ini, mengedar produk-produk alas lantai yg tidak ramah lingkungan bahkan beresiko untuk kesehatan. Salah satunya karpet plastik, yang bisa dengan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun modern.
Karpet yang biasanya punya corak unik dengan gambar-gambar menarik, terutama untuk anak-anak, jadi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Mengapa demikian, dan bagaimana caranya kita pilih karpet yang aman?
Anda mulai saat ini harus waspada, kerana ada laporan yang menyampaikan kandungan bahan kimia yang dibutuhkan pada alas lantai itu bisa mengakibatkan kanker payudara serta menghambat perkembangan anak-anak.
Menurut kajian ilmiah, dua bahan beresiko yang dikenal sebagai Phtthalate dan Bisphenol A (BPA) dilaporkan paling banyak dipakai dalam pembuatan tikar itu.
Walau sebenarnya, beberapa bahan ini sudah 'diharamkan' pemakaiannya di beberapa negara karena efeknya yang berbahaya. Bahkan sejak awal th. 2011, hampir di semua negara Eropa dilarang pemakaian bahan ini.
Bahan dari BPA biasanya keluarkan bau yang cukup menyengat, dan banyak juga dipakai pada mainan anak-anak sampai bungkus nasi.
Untuk Anda yang perduli dengan kesehatan periode panjang, pakai tikar punya bahan dasar kain, dan jauhi tikar atau karpet yang berasal dari plastik. Karena hampir setiap plastik akan 'dilembutkan' oleh BPA. Lebih baik mencegah dari pada Anda menyesal di masa depan.

(sumber:http://www.rumahsehat99.com/2016/08/apakah-dirumah-ada-tikar-ini-jangan.htm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar