Sabtu, 23 Desember 2017

IBU MU, IBU MU DAN IBU MU

Kedatangan Nabi Muhammad Saw, membawa berkah spektakuler bagi para kaum hawa. Ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw mengangkat derajat kaum wanita - dimana pada strata sosial masyarakat jahilyah ketika itu- kaum wanita dipandang rendah.
Banyak riwayat yang menjelaskan betap Rasulullah Muhammad Saw, begitu memulikan kamu wanita. Di antaranya disebutkan "Surga berada dibawah telapk kaki Ibu" dan kisah sahabat yang bertanya kepada Rasulullah tentang kepada siapa dia harus berbhakti, "Rasulullah menjawab, Ibu mu, lalu kepada siapa lagi, Rasulullah menjawab Ibu mu,lalu kepada siapa lagi, Rasulullah menjawab Ibu mu, lalu kepada siapa lagi, Rasulullah menjawab Ayah mu.
Peranan ibu (wanita) juga sangat luar biasa dalam kehidupan. Dalam sebuah hadist Rosulullah Saw menyatakan bahwa “Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya”.
Selain itu, ibu memiliki fungsi strategis dalam menentukan lahairnya generasi muda yang baik, sebab ibu lah tempat belajar pertama kali bagi setiap insan. Ibu madrasah pertama.
Oleh karena itu, doa ibu adalah wasilah untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan surga-Nya Allah Swt. Sejarah telah mencatat tidak sedikit anak yang binasa dan menderita karena durhaka kepada ibunya, seperti cerita sampuraga di Tapanuli Selatan dan Malim Kundang di Tanah Minang, atau cerita tangkuban perahu.
Sebaliknya, banyak orang sukses, baik pemimpin, tokoh, dan para ulama yang sukses karena rintihan do'a yang tidak pernah putus.
Berbahagia lah, bila saat ini ibumu masih diberi nikmat hidup. Gunakan kesempatan yang ada untuk berbhakti, membahagiakan dan merawatnya. Jangan seperti kebanyakan orang, yang menyesali hidupnya karena merasa belum cukup membahagiakan ibunya. Kecewa disebabkan selama ini abai terhadap ibunya. Ingatlah keberadaan ibu mu tidak akan tergantikan dengan kesenangan apapun yang engkau nikmati dalam kehidupan ini. "Kalau sudah tiada, bbaru terasa" jangan sampai anda hanya bisa menyampaikan lirik lagu ini, sebab itu tidak berarti apa-apa lagi.

SELAMAT HARI IBU, UNTUK PARA IBU YANG SANGAT LUAR BIASA DIMANA PUN BERADA. SEMOGA ALLAH TETAP MERAHMATI, MELINDUNGI DAN MERIDHOI SELURUH PARA IBU, AMIN YA ROBBAL ALAMIN.

TULISAN INI SAYA DEDIKASIKAN UNTUK FATIMAH HIDAYAH NASUTION, IBU DARI PUTRA/I KU ; MHD TAUFIQURRAHMAN HARAHAP, MHD DZAKWAN NAUFAL HARAHAP DAN MAHIRA ZAHWA AZKIA HARAHAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar