Rabu, 25 Mei 2016

MUSWIL ICMI ORWIL SUMUT, Drs. H. Nuzirwan B. Lubis, MSP TERPILIH SECARA AKLAMSI

DIABADIKAN  
Ketua terpilih ICMI Orwil Sumut Drs. H. Nuzirwan B. Lubis, MSP diabadikan bersama 
Dewan Pakar ICMI Orwil Sumut Prof. Subhilhar, Ph.D, Ustad Drs. H. Yulizar P. Lubis, M.Psi, 
panitia dan seluruh peserta Muswil.
Drs. H. Nuzirwan B. Lubis, MSP secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)  Organisasi Wilayah (Orwil) Sumut untuk periode 2016-2021, dalam Musyawarah Wilayah yang dilaksanakan Sabtu, (20/6) di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam Medan.
Terpilihnya Drs. H. Nuzirwan B. Lubis, MSP yang akrab disapa Bang Oyom secara aklamsi setelah seluruh Organisasi Daerah (Orda) ICMI se-Sumut sebagai pemegang hak suara, menyatakan mendukungnya untuk memimpin ICMI Orwil Sumut. “Ya, Bang Oyom terpilih secara aklamasi atas dukungan seluruh Orda ICMI,”kata Ketua Panitia Muswil Ngadimin Hambali.
Setelah dipilih secara aklamasi, Bang Oyom dalam sambutannya menyatakan, bahwa ke depan ICMI Sumut harus lebih bekerja maksimal membantu umat Islam. Apalagi saat ini kata Bang Oyom, kita melihat banyak kejadian di tengah-tengah masyarakat yang seharusnya mendapat respon dari ICMI.
Misalkan terkait dengan tindakan kejahatan seksual kepada anak-anak, LGBT, narkoba, dan kriminalitas serta terjadinya degradasi moralitas generasi muda. Dalam kondisi tersebut, ICMI harus mengambil peran dan berkontribusi aktif membantu umat. “Ke depan seluruh kekuatan dan potensi yang dimiliki ICMI harus termanfaatkan secara maksimal untuk membantu umat di Sumatera Utara,”jelasnya.
Fakta yang kita lihat dan alami saat ini, berbagai peristiwa itu terjadi karena kuantitas antara kelompok baik dengan kelompok yang tidak baik sudah hampir seimbang. Kenapa itu bisa terjadi, itulah yang harus dikaji dan dicarikan solusi oleh ICMI.
Intinya, lanjut Bang Oyom, ICMI harus berada bersama umat dalam menghadapi cepat perkembangan dan perubahan jaman. Tidak hanya pada porsi ibadah, tapi juga sektor kehidupan lain, misalkan ekonomi keummatan. Dengan demikian, kehadiran ICMI akan memiliki kemanfaatan luas bagi masyarakat maupun pemerintahan, serta pembangunan bangsa dan negara,”ujarnya.
Selain persoalan keummat, hal yang urgensinya prioritas adalah pembenahan internal ICMI. Oleh karena itu, setelah kepengurusan Orwil Sumut, konsolidasi untuk Orda-Orda ICMI se-Sumut harus segera dilaksanakan. Ini sangat harus menjadi perhatian kita semua, agar ICMI ke depan lebih baik dan lebih banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. “Kita meminta Orda-Orda segera melakukan konsolidasi, sehingga nanti kita dapat melakukan pelantikan secara bersama-sama,”ungkapnya.
Pada kesempatan itu, Bang Oyom juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pengurus peserta Muswil atas amanah yang diberikan untuk memimpin ICMI Sumut lima tahun ke depan. “Terima kasih atas kepercayaan dan amanahnya, semoga amanah ini dapat saya laksanakan sebaik-baiknya. Saya berharap kepada kita semua untuk lebih meningkatkan kerjasama demi mewujudkan ICMI yang lebih bermanfaat kepada umat Islam dimasa-masa yang akan datang,”katanya.
Sebelumnya, dewan pakar ICMI Orwil Sumut Prof. Subhilhar, Ph.D, saat membuka acara secara resmi menyampaikan beberapa catatan penting untuk ICMI Sumut. Di antaranya, Prof. Subhilhar mengatakan para pengurus ICMI jangan ada di menara gading, karena kondisi umat Islam sekarang ini tidak terlalu baik.
“Umat Islam sangat ini sangat membutuhkan para cendekiawan yang bisa dijadikan sebagai tempat bertanya dan berdiskusi terkait berbagai problematika kehidupan. Ini menunjukkan kebutuhan umat Islam kepada cendekiawan bukan kepintarannya, tapi care-nya atau kepeduliannya,”jelasnya.
Atas dasar itu pula, lanjut Prof. Subhilhar, umat itu harus dilihat sebagai satu kelompok yang dilayani ICMI, bukan sebaliknya. Atau dengan kata lain, ICMI itu pelayan bagi umat Islam. Pada posisi seperti itu, maka ICMI akan mampu membawa umat lebih berkembang dan tentu lebih maju. “Ini saya ingatkan karena tujuan ICMI bukun politik atau kekuasaan, tapi bagaimana dengan peran-peran yang dilakukan ICMI, umat semakin maju dan sejahtera,”imbuhnya.
Pada pelaksanaan Muswil itu, selain dihadiri pengurus Orwil dan Orda ICMI, juga tampak hadir anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), Drs. H. Yulizar P. Lubis, M. Psi dan undangan lainnya. (***)




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar