Rabu, 11 Mei 2016

SHALAT JENAZAH (Sudahkan Anda Siap Mati)


Kematian adalah rahasia Allah yang tidak akan pernah diketahui oleh makhluknya. Dan setiap yang bernyawa, pasti akan mati, meskipun kita berusaha menghindarinya dengan bersembunyi dibalik benteng terkuat didunia, atau di dasar lautan terdalam atau dipuncak gunung tertinggi. Disaat ajal kita telah datang, tidak bisa ditunda dan atau dipercepat walau sedetikpun.
Kemudian kematian itu, tidak memilih orang yang telah berumur dahulu dan anak-anak belakangan. Ibarat buah kepala, yang tua bisa jatuh, begitu juga setangah tua ataupun buah yang masih putih juga banyak yang jatuh terlebih dahulu.
Oleh karena itu, sebagai insan yang beriman kepada Allah Swt, dan mengakui adanya kehidupan setelah kehidupan dunia, harus mempersiapkan diri sebagaimana diperintah Allah dan Rasul-Nya. Tulisan ini, merupakan nasehat kepada diri penulis dan pembaca sekalian.
A.      ARTI DAN HUKUM SHALAT JENAZAH
Shalat jenazah adalah shalat yang dilakukan dengan empat takbir, tanpa ruku’, i’tidal, sujud dan duduk. Shalat ini merupakan salah satu kewajiban terhadap mayit dan hukumnya fadhu kifayah –fardhu bersifat kolektif- bagi umat muslim. Artinya kewajiban dianggap sudah terpenuhi bila di satu wilayah ada beberapa orang yang melaksanakannya. Akan tetapi bila tidak ada satu orangpung yang melaksanakannya, maka semua orang diwilyah tersebut berdosa.
B.       SYARAT-SYARAT SHALAT JENAZAH
1.      Shalat jenazah sama seperti shalat yang lain, yaitu harus menutup aurat, suci dari hadast besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya, serta menghadap kiblat.
2.      Mayit sudah dimandikan dan dikafani.
3.      Letakkan mayit sebelah orang yang akan manshalatkannya, kecuali shalat dilakukan diatas kubur atau shalat ghaib.
C.       RUKUN SHALAT JANAZAH
1.      Niat
2.      Berdiri bagi yang mampu
3.      Empat kali takbir
4.      Membaca surah al fatihah setalah takbiratul ihram
5.      Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad setelah takbir kedua
6.      Membaca doa kepada mayit setalah takbir ketiga
7.      Membaca do’a untuk mayit dan orang yang menshalatkan setelah takbir keempat
8.      Salam
D.      BEBERAPA HAL YANG DISUNNATKAN DALAM SHALAT JENAZAH
1.      Mengakat tangan saat takbir
2.      Israr (merendahkan suara pada setiap bacaan)
3.      Membaca ta’awuz (‘audzu billahi menasy syaianirrajim)
E.       CARA MENGERJAKAN SHALAT JANAZAH
Shalat jenazah tidak dengan ruku’, i’tidal, sujud dan duduk, serta tidak denganadzah, iqomah. Caranya sebagai berikut :
1.      Berdiri sebagaimana hendak mengerjakan shalat dengan niat hendak melakukan shalat atas mayit denganempat takbir menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.
a.       Lafazd niat shalat untuk jenazah laki-laki
Ushalli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbiratin fardhal kifayati (ma’muman/ imaman) lilahi ta’ala.
b.      Lafazd niat shalat untuk jenazah perempuan
Ushalli ‘ala hadzaihil mayyitati arba’a takbiratin fardhal kifayati (ma’muman/ imaman) lilahi ta’ala.
2.      Mengangkat kedua tangan sambil takbiratul ihram
3.      Setelah niat dan takbir, lalu membaca alfatihan, lalu takbir kedua membaca shalawat kepada Nabi Muhammad, lalu takbir ketika membaca do’a kepada jenazah, lalu takbir keempat membaca do’a kepada jenazah dan orang yang menshalatkan.
4.      Salam
Ada nasehat yang baik tentang kematian “Bekerjalah kamu seakan-akan, engkau akan hidup selama-lamanya, dan beribadah kamu, seakan-akan engkau mati esok hari”. Saat berkerja untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia, kita harus serius, fokus dan sungguh-sungguh, kerena itu akan menjadi bekal kita selama hidup di dunia.
Tapi saat beribadah, kita harus khusu’ dan ihklas, mungkin saja esok saat matihari terbit kita sudah dipanggil Allah yang mengusai ruh/nyawa makhluknya. Karena ibadah yang khusu’ dan ikhlas adalah bekal utama kita, setelah menghadap Sang Khaliq.
Allah juga berfirman, : Apabila kamu telah mengerjakan shalat, maka bertebaran di muka bumi untuk rezeki dari Allah…


“…Janganlah kamu melupakan bagian kamu di dunia, tapi kehidupan akhirat lebih baik dan kekal..” 

LALU APAKAH KAMU SUDAH SIAP MATI !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar